skip to main content

Manfaat Puasa Senin kamis Menurut Islam Bukan Menurut Kejawen

Ditulis Oleh Pada Wednesday 6 April 2016

Apakah anda sedang mencari informasi mengenai Manfaat puasa senin kamis menurut islam ?, puasa merupakan rukun iman untuk umat muslim diseluruh penjuru dunia yang wajib dilakukan. tidak hanya puasa wajib karena puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis juga sangat dianjurkan oleh rasulallah.saw, karena manfaat puasa senin kamis menurut islam adalah puasa sunnah yang paling sering dilakukan oleh nabi muhammad.saw dan sebagai mana beliau bersabda :

" Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari senin dan kamis, maka Allah.swt akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin kecuali dua orang yang bermusuhan. dan maka Allah.swt berfirman " Tangguhkan keduanya "( Hr. ahmad )

seperti pada hadist tersebut , rasulaalah.saw sangat menyukai puasa sunnah senin dan kamis, karena ternyata puasa sunnah senin dan kamis tersebut memiliki banyak keajaiban yang luar biasa jika seseorang melakukannya. mari kita simak beberapa manfaat puasa senin kamis menurut islam selengkapnya dibawah ini

Inilah 5 manfaat puasa senin kamis menurut islam


Manfaat Puasa Senin kamis Menurut Islam Bukan Menurut Kejawen
Manfaat Puasa Senin kamis

1. Anjuran puasa sunnah senin dan kamis oleh Nabi muhammad.saw


manfaat puasa senin kamis menurut islam yang pertama : sangatlah dianjurkan untuk kita melakukan puasa sunnah senin dan kamis. seperti yang telah disampaikan didalam sebuah hadist Abu hurairah bahwa rasulallah.saw bersabda :

" Segala amal perbuatan manusia pada hari senin dan kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa "( Hr. tirmidzi )

Kata puasa didalam hadist tersebut mengandung makna secara umum yang maksudnya adalah puasa sunnah ataupun wajib dan termasuk puasa sunnah senin dan kamis ini. dan itulah puasa yang disyariatkan oleh rasulallah.saw untuk menjaga keimanan dan ketaqwaan seseorang.

2. Menguatkan Jiwa


manfaat puasa senin kamis menurut islam yang kedua : Sesungguhnya jika seseorang mengerjakan ibadah puasa, manusia akan berhasil mengendalikan hawa nafsunya yang membuat jiwanya menjadi kuat, bahkan manusia akan memperoleh derajat yang tinggi layaknya malaikat yang suci, dan semua ini akan dapat membuka pintu pintu langit dan segala doa nya dikabulkan oleh Allah.swt. dan rasulallah.saw bersabda :

" Ada tiga golongan yang tidak ditolak doa mereka, yaitu adalah orang yang berpuasa hingga berbuka, pemimpin yang adil dan doa doa orang yang didzalimi "( Hr. tirmidzi )

3. Jaminan masuk surga


manfaat puasa senin kamis menurut islam yang ketiga : Merupakan keajaiban selanjutnya dalam melakukan manfaat puasa senin kamis. sesungguhnya Allah.swt telah menyediakan surganya untuk hambanya yang beriman, bertaqwa dan beramal sholeh. disanalah mereka akan abadi dengan kenikmatan yang Allah.swt sediakan untuknya. karena itu tidaklah ada tempat yang paling baik dan indah sebagai tempat kembali di akhirat dan hanyalah surga Allah.swt. karena surga yang penuh kenikmatan diciptakan Allah,swt atas ganjaran jerih payah hambanya yang selalu bertaqwa dijalannya. kemudian bukan hanya itu dijamin surga Allah.,swt saja, mereka yang menjalankan perintah Allah.swt akan terhidar dari siksa api neraka. lalu keajaiban

4. Menyehatkan badan


manfaat puasa senin kamis menurut islam yang keempat : keajaiban ini terdapat dalam puasa senin dan kamis. karena pernyataan ini tidak hanya dinyatakan oleh rasulaalah.saw saja, akan tetapi sudah dibuktikan oleh dokter dan ahli ahli kesehatan dunia yang tidak perlu kita meragukannya lagi. mereka berkesimpulan bahwa pada saat tertentu perut harus diistirahatkan dari hal memproses makanan. sebagaimana mesin perut pun juga sama. bahkan dalam syariat islam isi perut memang perlu harus dibatasi secara tiga bagian, yaitu sepertiganya untuk makanan dan sepertiganya untuk minum dan sepertiganya untuk udara.

5. Mengingat dan merasakan penderitaan orang lain


manfaat puasa senin kamis menurut islam yang kelima : Tentu dengan merasakan lapar dan haus dapat memberikan pelajaran kita semua bagaimana penderitaan yang dirasakan oleh orang lain yang tidak dapat merasakan makan dan minum disetiap harinya. sebab pengalaman lapar dan haus yang kita rasakan dengan melakukan manfaat puasa senin kamis ataupun dengan melakukan puasa wajib akan segera berakhir saat dalam beberapa jam saja, sementara bagi penderitaan orang lain entah sampai kapan akan berakhir.

Manfaat Puasa Senin kamis Menurut Islam Bukan Menurut Kejawen
Manfaat Puasa Senin kamis


Demikian pemaparan dari creativitous akan Manfaat puasa senin kamis menurut islam untuk kita semua,semoga dengan banyaknya keajaiban dalam puasa ini dapat menjadikan kita sebagai umat muslim lebih taat, taqwa dan sholeh dan tidak hanya puasa wajib saja melainkan menjalankan juga sunnahnya. hal ini akan mampu mengetuk dan membuka pintu pintu langit sehingga seluruh doa kita dikabulkan oleh Allah.swt. aamiin ya robbalallamin.

pencarian terkait manfaat puasa senin kamis menurut islam :manfaat puasa senin kamis untuk jodoh, manfaat puasa senin kamis untuk kesuksesan, manfaat puasa senin kamis menurut kejawen, makna puasa senin kamis, cara puasa senin kamis yg benar, puasa senen kamis, manfaat puasa sunnah, manfaat puasa sunat, Keutamaan Puasa Senin Kamis, Faedah Puasa Senin Kamis, Hikmah Puasa Senin Kamis, Niat Puasa Senin Kamis, Khasiat Puasa Senin Kamis
×