skip to main content

Keistimewaan kucing dalam islam

Ditulis Oleh Pada Monday 4 April 2016

Keistimewaan kucing dalam islam. Banyak mitos yang mengatakan bahwa kucing adalah istimewa, ada yang mengatakan kalau kucing mempunyai 9 nyawa dan hingga dianggap sebagai jelmaan dewa. seperti yang terjadi pada dinasti fir'aun. sekitar 3000 tahun yang lalu. kucing amat dipuja karena di anggap sebagai titisan dewa. lain dimesir lain pula dieropa.

di dataran ini dulu kucing dianggap sebagai sihir setan yang mendatangkan bencana. dan pada masa abad kegelapan terjadi pembantaian secara besar besaran kepada hewan ini hingga menyebar ke africa utara, padahal wabah penyakit yang saat itu melanda masyarakat yang dianggap sebagai kutukan saat itu disebabkan oleh tikus. iya karena pada saat itu masyarakat hampir penduduknya terkena wabah pest yang diakibatkan membludaknya populasi tikus dan penurunan populasi kucing yang sebagai predator.

Didalam perkembangan peradaban Keistimewaan kucing dalam islam hadir sebagai teman sejati. Rasulallah.saw memiliki seekor kucing yang bernama mueeza.
Suatu saat dikala rasulallah.saw ingin mengambil dan memakai jubahnya, ditemuinya kucing rasulallah.saw tertidur lelap diatas jubahnya. sang nabi muhammad.saw pun tidak ingin menggangu tidur lelapnya hewan peliharaan kesayangannya itu. rasulallah.saw pun memotong kedua bagian lengan pada jubahnya yang ditiduri kucingnya tersebut. ketika rasulallah.saw kembali kerumah mueeza terbangun dan menunduk bersujud kepada majikannya rasulallah.saw. sebagai balasan rasulallah.saw pun mengelus tubuh mueeza secara lembut sebanyak 3 kali.

Keistimewaan kucing dalam islam
kucing lucu 1

Dalam aktifitas lain, setiap raulallah.saw menerima tamu dirumahnya, mueeza selalu digendong oleh rasulallah.saw dan diletakkan dipahanya. salah satu yang rasulallah.saw sukai adalah mueeza selalu mengeong jika mendengar suara adzan. seolah olah suaranya mengikuti lantunan suara adzan. kepada para sahabatnya rasulallah.saw berpesan untuk selalu menyayangi kucing peliharaan, seperti layaknya keluarga kita sendiri. sedangkan hukuman bagi yang menyakiti kucing sangatlah serius. dalam sebuah hadist shahih al-bukhari dikisahkan tentang seorang waita yang tidak pernah memberi makan pada kucingnya dan tidak juga pernah untuk mau melepaskan kucingnya untuk mencari makan sendiri. kemudian rasulallah.saw pun mennjelaskan bahwa hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka.

Namun tahukah anda bahwa tidak hanya nabi muhammad.saw saja yang menyukai kucing. tetapi istri nabi muhammad.saw sendiri aisyah binti abu bakar pun sangat menyukai kucing dan merasa amat kehilangan jika sikucing keluar rumah. seorang sahabat yang juga ahli hadist abu hurairah diberijulukan bapak para kucing jantan, karena kegemarannya yang memelihara segala jenis kucing jantan dirumahnya. namun apakah sebenarnya Keistimewaan kucing dalam islam ini sampai sampai para tokoh tokoh terdahulu memberi kehormatan untuk hewan ini ?

pada abad ke 13 sebagai penghargaan masyarakat islam bentuk kucing dijadikan ukuran cincin untuk para khalifah. termasuk porselen hingga mata uang. bahkan didunia sastra para penyair tak ragu untuk membuat syair untuk kucing peliharaannya yang telah berjasa melindungi buku buku pentingnya dari hama tikus dan serangga lainnya. dalam buku yang berjudul Cat of Cairo pada masa dinasti mamluk, seorang sultan yang juga pahlawan garis depan dalam perang. sultan ini sengaja membangun rumah rumah taman taman kucing dan menyediakan berbagai jenis makanan didalamnya. tradisi ini telah menjadi adat istiadat diberbagai kota kota besar negara islam. sampai saat ini mulai dari damaskus, istanbul hingga kairo sangat mudah sekali kita menjumpai kucing kucing dimasjid tua dengan berbagai macam makanan yang disediakan oleh penduduk setempat.

Keistimewaan kucing dalam islam
kucing lucu 2

Diriwayatkan dari ali bin al hasan dan anas yang menceritakan bahwa nabi muhammad.saw pernah pergi kebatan daerah dimadinah, lalu ia berkata. ya anas tuangkan air wudhuku kedalam bejana. lalu anas menuangkan air dan ketika sudah selesai nabi muhammad.saw menuhu ke bejana. namin seekor kucing datang dan menjilat bejana nya. melihat itu nabi muhammad.saw berhenti sampai kucing tersebut berhenti minum lalu berwudhu. nabi muhammad.saw ditanya dengan kejadian tersebut. lalu beliau pun menjawab. ya anas kucing itu termasuk perhiasan rumah tangga.ia tidak dikotori sesuatu bahkan ia tidak najis.

Diriwayatkan pula dari daud bin sholeh at tamar dan ibunya yang menerangkan bahwa budaknya memberikan aisyah semangkok bubur, namun ketika ia sampai dirumah aisyah bubur tersebut diletakkan diatas meja karena ia tau saat itu aisyah sedang sholat. dan setelah aisyah selesai sholat ia pun lupa jika ada bubur diatas meja. lalu datanglah seekor kucing dan kucing itu memakan sedikit bubur itu. dan ketika aisyah melihat kejadian tersebut aisyah pun membersihkan bagian yang disentuh kucing dan aisyah lalu memakannya. lalu mengapa nabi muhammad.saw mengatakan kalau kucing itu suci dan tidak ada najis sedikitpun dalam tubuh kucing ? bagaimana nabi muhammad .saw mengetahuinya ? padahal pada saat itu belum ada tehnology canggih dan penelitian seperti jaman sekarang. dan adakah hasil penelitian sekarang yang membenarkan perkataan nabi muhammad,saw ? berikut ini adalah :

Keistimewaan kucing dalam islam


1. Fakta ilmiah pertama


Berdasarkan penelitian ternyata ditemukan pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi yang menolak berbagai macam telur bakteri. otot kucing itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia. pada permukaan lidah kucing ditutupu dengan benjolan yang runcing. benjolan ini mengerucut seperti gergaji, dan bentuk seperti  ini sangat bagus untuk membersihkan kulit. pada saat kucing minum tidak ada setetespun cairan liur yang jatuh dari lidahnya. dan lidah kucing sendiri adalah alat pembersih yang paling canggih. permukaannya yang kasar bisa membuang bulu bulu yang mati dan membersihkan bulu bulu dibadannya.

Keistimewaan kucing dalam islam
kucing lucu 3

2. Fakta ilmiah kedua


Keistimewaan kucing dalam islam sudah dilakukan dari berbagai penelitian terhadap hewan kucing dengan bermacam macam segala usia, bermacam macamn bentuk kulit, punggung, sampai bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut dan ekor dan pada bagian bagian tersebut dilakukan pengambilan sample penanaman kuman pada bagian khusus lalu juga diambil cairan khusus yang ada pada dinding dalam mulut dan lidahnya. dan hasil penelitian yang didapatkan sungguh luar biasa . dari kulit luar terrnyata negatif berkuman. meskipun dengan dilakukan berulang ulang kali percobaan.
Perbandingan yang ditanamkan kuman memberikan hasil negatif sekitar 80% jika dilihat dari cairan yang diambil dari dinding mulut. sedangkan cairan yang diambil dari permukaan lidah juga hasilnya negatif berkuman. sekalinya ada kuman yang ditemukan dari hasil penelitian, kuman tersebut dianggap kuman biasa yang sama berkembangnya pada tubuh manusia. dan masih batas wajar. jumlahnya pun tidak lebih dari 50 ribu. dalam tubuh kucing tidak ditemukan kuman yang beragam.
Dan hasil laboratorium menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan microba. dan bahkan liurnya bersih dan dapat juga membersihkan kuman. kenapa kucing tidak memiliki kuman ?

Keistimewaan kucing dalam islam
kucing lucu 4

Padahal kita semua tahu bahwa kucing sangat takut dengan air. ya, kucing memang sangat tidak suka dengan air. karena air adalah tempat yang paling subur untuk masa perkembangan bakteri. terlebih lagi pada genangan air yang bertanah atau berlumpur yang disebabkan genangan air hujan ataupun yang lain. tujuan kucing tidak suka dengan air adalah kucing tidak mau bakteri yang ada di air berpindah ketubuhnya. faktor inilah yang menyebabkan tidak adanya kuman ditubuh kucing.

3. Zaman dahulu kucing dipakai untuk pengobatan terapi


tahukah anda bahwa dengkuran kucing sangatlah baik untuk kesehatan manusia. dan juga mengelus kucig dengan lembut juga dapat menurunkan tingkatan strees pada manusia. dan karena itu dalam semua bagian kuciong seperti tubuhnya, keringatnya dan bekas dari makanannya adalah suci. bahkan kita sampai liurnya saja bersih dan dapat membersihkan kulit manusia. bahkan para penelitipun mengungkapkan bahwa tubuh kucing pun lebih bersih dari pada manusia. sebab inilah nabi. muhammad.saw sangat sayang dengan hewan peliharaannya yang bernama mueeza. dan membuat kucing adalah hewan istimewa dihadapan nabi.

Keistimewaan kucing dalam islam
kucing lucu 5

Demikianlah informasi tentang Keistimewaan kucing dalam islam ini saya buat. dan semoga dengan informasi ini kita semua lebih lagi menjaga dan menyayangi hewan kucing. dan bukan saja hewan kucing peliharaan kita saja akan tetapi bahkan kucing liarpun harus kita perlakukan secara baik dan jangan sampai kita menyakitinya.
×