skip to main content

TANDA-TANDA JODOH KITA di tahun 2018

Ditulis Oleh Pada Tuesday 16 February 2016

Tanda-tanda jodoh kita di tahun 2018 dalam agama islam, dan seperti yang kita tahu jodoh, maut dan rejeki adalah merupakan ketentuan Allah.swt yang sudah jelas tertulis di lauh Mahfudz dan kita sebagai manusia hanya mampu berikhtiar dan selalu berdoa kepada nya Allah.swt agar selalu diberikan yang terbaik dari yang terbaik, dan dalam hal ini khususnya jodoh.

Banyak dari kita yang mencari cari melalui di internet, sosial media sampai ke biro jodoh, dan tidak sedikit dari kita yang penasaran sehingga menempuh dan mengambil jalan jalan yang salah seperti magic atau paranormal ataupun dukun yang tidak masuk akal, padahal semua itu adalah kesia siaan saja.
Tidak sedikit juga banyak orang yang setiap minggu nya melihat ramalan zodiak zodiak hanya untuk mencari seperti apa jodohnya kelak.

Tanda tanda jodoh kita di tahun 2018
Keluarga bahagia

Sebagai orang indonesia kita banyak sekali mendengar mitos mitos yang menyebutkan bahwa jika 2 insan manusia yang mirip dari wajah dan penampilan satu sama lainnya dari mereka itu adalah jodoh. karena di negara kita kepercayaan seperti ini masih sangat kental dan kuat, namun apakah diluar negeri sana juga sama dengan orang kita indonesia ? jawaban nya adalah "iya", seperti dalam penelitian salah seorang dr.psikologi salah satu university diamerika serikat yang menyebutkan bahwa seseorang memliki kecendrungan bawaan untuk tertarik pada seseorang yang mirip dengan mereka, karena mereka menginginkan apa yang tidak asing untuk mereka.

Selain itu para peneliti diamerika serikat juga mengetest teori bahwa pasangan suami istri menjadi mirip dari aspek waktu ke waktu, mulai dari gaya penampilan sampai gaya hidup, bahkan tak pula jarang ada orang lain yang menilai pasangan itu adalah saudara kakak dan adik dikarenakan kemiripan mereka.

Sebuah analisis sederhana pun menegaskan bahwa memang dalam beberapa kasus para pasangan ini mengalami perubahan menjadi mirip satu sama lain. Kemiripan ini dikarenakan dari kehidupan mereka yang bahagia dalam menemmpuh pasangan ini bersama sama. para ahli memercayai bahwa pria dan wanita awal nya cenderung memilih pasangan hidup yang memiliki kesukaan atau hobi yang sama.

Semakin tinggi persamaan maka semakin tinggi pula bahwa semakin besar kemungkinan pernikahan mereka akan berjalan dengan baik. Lalu bagaimana penilaian secara agama khususnya islam menanggapi ini ?

Tanda-tanda jodoh kita di tahun 2018


Didalam agama islam sebenarnya tidak disebutkan ciri ciri secara spesifik tentang jodoh manusia, dan juga tidak ada pun satu orang pun di dunia ini yang mengetahui siapa jodoh manusia itu. Apakah dia harus perempuan yang cantik atau untuk para wanita jodohnya lelaki yang tampan, kaya , mapan , baik hati atau lain lainnya.
Karena hanya Allah.swt lah yang hanya tahu urusan satiap detailnya jodoh manusia itu sendiri. dan Allah.swt hanya memberi beberapa penjelasan tentang jodoh melalui firmannya yang artinya :

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚإِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"dan diantara tanda tanda kekuasaannya ialah dia yang menciptakan untukmu istri istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram bersamanya, dan dijadikannya diantara kamu rasa kasih sayang. sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda tanda (kekuasannya) bagi kaum yang berfikir"

(QS. AR-RUUM:30)

kita sebagai umat manusia dan pengikut ajaran dan anjuran sunnah rasulallah.saw harus selalu berdoa dan berusaha untuk mendari jodoh kita. lalu seperti apasih jodoh jodoh yang baik untuk kita ???

1. Ciri yang pertama


Tandanya adalah setiap pasangan harus meliputi 3 hal yaitu memaklumi , memaafkan dan memotivasi. dan untuk jodoh yang terbaik adalah harus memaklumi keadaan kita . karena jodoh itu bermula dari hati ke hati. maka jika ada orang yang benar benar mencintai kita dia harus memaklumi kita dari segi fisik, kehidupan, perasaan dan yang terpenting dapat menerima diri kita apa adanya.

2. Ciri yang kedua


Yaitu adalah siapa yang bisa memaafkan kesalahan kita, namun sangat susah untuk mendapatkan pasangan yang baik hatinya apalagi mempunyai sifat pemaaf. karena setiap orang memiliki batas kesabaran yang berbeda beda. namun setidaknya ia adalah orang yang bisa memaafkan kita, karena seseorang yang mencintai kita dengan tulus adalah orang yang mampu memaafkan segala kesalahan kita. namun kita harus selalu mengintropeksi diri agar tidak melakukan kembali kesalahan yang serupa.

3. Ciri yang ketiga


Yaitu siapa yang paling bisa memotivasi diri kita karena tidak selamanya hidup kita berada diatas terkadang kita pasti akan terjatuh. dan maka dari itu pasangan yang baik adalah yang bisa memotivasi kita untuk terus bangkit dari keterpurukkan yang kita alami. Tanda-tanda jodoh kita adalah yang dapat menerima segala kekurangan kita

Setelah kita menemukan Tanda-tanda jodoh kita yang baik untuk diri kita hendaklah kita berserah diri dan kembali kepada Allah.swt dan selalu memohon petunjuk dari nya dengan melakukan sholat istikharah dan tetap berdoa kepada Allah.swt dan selalu sabar meminta agar kebaikkan untuk diri kita baik di dunia maupun di akhirat. dengan berbagai doa yang telah kita pelajari dan salah satunya doa yang dipanjatkan oleh Rasulallah.saw adalah :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

( "Rabbana aatina fid dunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinna 'azhaban naar" )

Artinya :

"Ya Allah.swt berikanlah kepada kami kebaikkan didunia, dan berikanlah pula kebaikkan diakhirat, dan lindungilah kami dari azab panas api neraka"

(QS.Al-Baqarah : 201)

Semoga informasi Tanda-tanda jodoh kita 2017 ini bermanfaat untuk kita yang sedang galau dalam mencari jodoh ataupun memilih jodoh. semua ini agar kita selalu dapat menambah iman kita kepada Allah.swt. dan semoga kita diberikan jodoh jodoh yang terbaik darinya. aamiin
×