skip to main content

13 Hewan unik dengan kemampuan luar biasa 2018

Ditulis Oleh Pada Thursday 31 March 2016

13 Hewan unik dengan kemampuan luar biasa 2018, sering kali kita ingin mengetahui apa yang ada disekitar kita, misalnya keberadaan setan , jin atau kah malaikat yang ada disekitar kita akan tetapi kita bingung bagaimana Bagaimana cara mengetahui setan ataukah malaikat disekitar kita.

Manusia adalah mahluk yang paling sempurna dihadapan Allah.swt, manusia dikaruniai mata agar dapat melihat seluruh ciptaan Allah.swt didunia ini. akan tetapi tidak semua dapat kita lihat dengan mata kita yang indah ini. contohnya mahluk gaib seperti setan, jin dan malaikat.

Manusia biasa memang tidak diberikan kemampuan oleh Allah.swt untuk dapat melihat mereka. akan tetapi Allah.swt memberikan keistimewaan kepada beberapa hewan yang dapat melihat keberadaan setan, jin ataukah malaikat.
Sebelum kita membahas hewan apa saja yang dapat melihat mahluk gaib ciptaan Allah.swt itu, terlebih dulu berikut ini kita bahas

13 Hewan unik dengan kemampuan luar biasa 2018


1. Copepoda


hewan unik
Copepoda

Copepoda adalah hewan terkuat didunia, hewan ini kuat dari segi tenaga. dengan panjang hanya 1 mm copepoda adalah hewan multiselular yang kuat dan tercepat. para ilmuwan modern masih sedang mempelajari kemampuan hewan ini, bahkan para ilmuwan berencana akan dmenggunakan copepoda dalam tehnologi robot. karena copepoda memiliki kekuatan 10 sampai 30 kali lipat dibandingkan dengan hewan lain dan mesin mesin saat ini.

Mereka lahir dengan kualitas tubuh yang sangat luar biasa dan setiap copepoda memiliki kemampuan yang berbeda beda dari jenis mereka. selain itu para peneliti ilmuwan sudah meneliti tentang kecepatan hewan ini. dan dari hasil penelitian yang secara detail bahwa copepoda mampu menghilangkan diri dengan cara melompat. jangkauan lompatan copepoda adalah dengan rata rata kecepatan jarak setengah meter perdetik. berarti copepoda melakukannya hanya dalam waktu kurang dari beberapa ribu detik.

Lalu dalam 89 pengamatan kasus hanya 1 kali ikan yang dapat berhasil menerkam copepoda yang sama dan kembali masuk kedalam air lagi. bahkan copepoda dapat hilang secara reflek dari pandangan. dalam tegangan saat mereka menembus permukaannya. sekalinya diudara copepoda dapat terbang lebih jauh 60 kali dari pada ikan yang berukuran sama atau relatif, karena hambatan udara yang lebih rendah. dan sungguh besar kuasa Allah.swt.

2. Paus biru


hewan unik
Paus biru

Paus biru adalah hewan yang terbesar didunia dan yang memiliki kemampuan suara terkeras didunia. paus biru dapat menghasilkan suara dengan menggunakan fulsa frekuensi yang rendah, suaranya memiliki intensitas kebisingan sekitar 188 disable. teriakan paus biru dapat didengar pada jarak 800 km ( kilo meter ).

3. Nyamuk malaria betina


hewan unik
Nyamuk malaria

Nyamuk malaria betina adalah hewan yang paling mematikan didunia. pertanyaannya adalah kenapa ? jawabannya adalah karena nyamuk betina membawa virus malaria, dimana nyamuk ini membunuh lebih dari 1 juta orang setiap tahun di seluruh dunia.

4. Burung arctic tern


hewan unik
arctic tern

Burung arctic tern mempunyai kelebihan yang unik dan sangat memukau yaitu burung ini dapat bermigrasi sangat jauh dan terpanjang didunia dari segala jenis burung yang bermigrasi lainnya. burung artic tern dapat menempuh jarak bermigrasi sampai sejauh 22.400 km ( kilo meter )

5. Cacing nemertean


hewan unik
Nemertean

cacing nemertean adalah hewan terpanjang didunia juga terpanjang dibumi. Terdapat lebih dari 1000 spesies, cacing nemertean sebagian besar hidup di air. bahkan yang terpanjang bisa mencapai 60 meter. Bukti fosil memperlihatkan bahwa cacing nemertean telah ada setidaknya selama 500 juta tahun lalu.

Cacing nemertean tidak mempunyai jantung dan darah. mereka dipompa oleh otot mereka,dan mereka adalah organisme paling sederhana yang memiliki mulut dan anus terpisah.
Mereka adalah karnivora, cacing nemertean berwarna warni sangat cemerlang. cacing nemertean dapat tumbuh lagi jika terpotong. Tetapi beberapa spesies cacing sebenarnya ber reproduksi dengan memecah bagian tubuhnya hingga kepingan-kepingan kecil. dan masing-masingnya menjadi seekor cacing baru.

6. Anjing dan keledai


hewan unik
keledai dan anjing

Kita sering sekali mendengarkan mitos bahwa hewan anjing jika menggonggong dimalam hari maka pertanda anjing itu melihat mahluk halus atau disebut juga setan atau jin disekitar kita. bukan hanya anjing akan tetapi begitu juga keledai yang meringkik dimalam hari. tetapi apakah benar bahwa mitos itu nyata ?
mitos tersebut adalah benar kenyataannya. Allah.swt memberikan kemampuan kepada hewan hewan ini. dan kedua hewan unik ini memiliki kemampuan melihat mahluk halus setan ataupun jin disekitar kita yang tidak dapat dilihat oleh manusia normal.

Rasulallah.saw bersabda :

" Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dimalam haridan keledai meringkik mintalah perlindungan kepada Allah.swt. sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak dapat kamu lihat "

( Hr. abu dawud dan Ahmad )

Kenapa anjing dan keledai dapat melihat setan ? karena kedua hewan ini memiliki sistem visual yang berbeda dengan manusia. pandangan manusia terbatas dan tidak dapat melihat apa yang berada diatas sinar ultraviolet dan dibawah sinar inframerah. berbeda dengan keledai dan anjing, kedua hewan ini dapat melihat dibawah sinar inframerah dan sedangkan setan atau jin sendiri diciptakan dari api yang berarti setan ataupun jin termasuk didalam lingkup inframerah. dan karena itulah anjing dan keledai dapat melihat setan ataupun jin tetapi kedua hewan ini tidak dapat melihat kehadiran malaikat.

7. Ayam jantan


hewan unik
Ayam jantan

Mitos juga mengatakan bahwa jika kita mendengarkan ayam jantan yang berkokok pada malam hari itu menandakan bahwa ayam tersebut melihat setan atau jin. tetapi benarkah ayam jantan dapat melihat setan ?
Kita sering sekali mendengar ayan jantan berkokok disekitar pukul 03.00 pagi, akan tetapi ayam jantan berkokok tersebut bukan karena melihat setan ataupun jin. melainkan melihat malaikat yang turun dari langit. kenapa ayam jantan dapat melihat malaikat ? karena ayam jantan dapat melihat sinar ultraviolet dan sedangkan malaikat diciptakan dari sinar ultraviolet. dan jika malaikat datang maka setan ataupun jinpun akan menghindar. karena jin ataupun setan terganggu jika melihat sinar ultraviolet dari malaikat. dengan kata lain jika sinar ultraviolet bertemu dengan sinar inframerah disatu tempat maka sinar merah akan memudar.

Rasulallah.saw bersabda :

" Bila kamu mendengar suara ayam jantan berkokok dimalam hari ataupun waktu pagi, mintalah karunia kepada Allah.swt karena ia melihat malaikat "

( Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dan muslim )

Rasulallah.saw sebelumnya pernah mengatakan bahwa diwaktu yang utama yaitu disepertiga malam terakhir maka rabb akan turun kelangit dunia pada setiap malam yaitu sepertiga malam terakhir.

Allah.swt berfirman :

" Siapa saja yang berdoa kepadaku, maka akan aku kabulkan. dan siapa saja yang meminta kepadaku maka akan aku berikan, dan siapa saja yang memohon ampun kepadaku maka akan aku ampuni "

( Hr. Bukhari : 1145 dan muslim : 758 )

8. Kadal ballistic


hewan unik
ballistic

Kemampuan reptil kadal ballistic yang satu ini sangat memukau karena kadal ballistic mampu berjalan diatas air tanpa tenggelam. hal ini dipicu pada sela sela kaki belakang yang berselaput yang hampir sama yang terdapat pada kaki katak hanya saja lebih lebar, sehingga kadal ballistic mampu menepuk air. selaput pada kaki belakangnya terbuka dan menciptakan permukaan yang lebih luas agar kadal balistik dapat berlari diatas permukaan air.

9. Burung cormorant


hewan unik
Cormorant

Para ilmuwan dari argentina baru baru ini menemukan suatu kehebatan dari seekor burung cormorant. hewan unik ini mampu menyelam kedasar laut dengan kedalaman 46 km ( kilo meter ). hal tersebut telah dibuktikan melalui kamera video berukuran kecil yang dilekatkan dipunggung burung cormorant.

Tujuan burung cormorant menyelam kedasar laut itu adalah untuk menangkap ikan. burung cormorant inipun mampu menyelam selama lebih dari 80 detik dimana bagi mereka waktu tersebut cukup untuk mencari  atau menangkap mangsa. dan ikan hasil tangkapan itu digigit dibagian rahangnya dan kembali kepermukaan laut hanya dalam waktu 40 detik.

10. Siput laut tak bercangkang


hewan unik
Siput laut tak bercangkang (chromodoris reticulata)

Proses reproduksi mahluk hidup untuk manusia dan hewan pasti melibatkan individu laki laki dan perempuan atau jantan dan betina untuk hewan. namun berbeda dengan siput laut tak bercangkang ( chromodoris reticulata ) yang memiliki kemampuan yang dapat mengganti alat kelaminnya dengan yang baru ketika hendak kawin.

Yang lebih uniknya lagi adalah hewan unik hermaprodit ini bisa mengganti alat vitalnya hanya dalam waktu 24 jam. setidaknya siput ini memliki kemampuan menggati alat kelaminnya sebanyak 3 kali.

11. Serangga air tawar ( micronecta scholtzi )


hewan unik
Serangga air tawar (micronecta scholtzi)

Serangga air tawar ini memliki kemampuan yang langka. serangga ini mampu mengeluarkan suara lantang hanya menggosokkan organ vitalnya yang hanya setebal sehelai rambut manusia. suara lantang hewan ini tersebut mampu mencapai 99,2 disable atau setara dengan suara orkestra yang tampil didepan mata. bila kita melihat ukuran tubuhnya yang kecil maka serangga ini adalah hewan dengan suara terkeras dimuka bumi. dan suara kerasnya itu sengaja dipergunakan untuk menarik betina ketika musim kawin.

12. Jerapah


hewan unik
Jerapah

Jika sebelumnya kita mengetahui hewan yang paling tahan hidup tanpa air adalah unta, namun ternyata selain unta tikus dan jerapah dinyatakan mampu bertahan hidup tanpa air. bahkan melebihi seekor unta. jerapah mampu bertahan hidup hanya dengan memakan dedaunan yaitu daun akasia. daun akasia mampu menahan dan menyimpan air dalam tubuh. lalu jerapah mengeluarkan air tersebut ketika mengunyah. dan ketika dalam perjalanan yang panjang ketika jerapah menemukan sumber air, ia mampu menghabiskan 12 galon sekali minum sebagai persediaannya selama seminggu.

13. Ikan panjat ( gobi nopoly rock climbing )


hewan unik
ikan panjat (goby nopoly rock climbing)

Biasanya kegiatan memanjat hanya bisa dilakukan oleh mahluk hidup yang mempunyai kaki dan tangan. dan ternyata ikan ini mampu melakkukan kegiatan memanjat hanya dengan menggunakan mulutnya. ikan dengan berukuran 18 cm ini diketahui mampu memanjat air terjun setinggi 100 meter hanya dengan menggunakan mulutnya.

Dengan cara menghisapkan mulutnya dipermukaan bebatuan dengan memindahkan badannya secara perlahan lahan. uniknya lagi adalah dengan menggunakan kekuatan rahang untuk menempelkan mulutnya kepermukaan batu ikan ini sekaligus dapat mengikis makanan yang terdapat dipermukaan batu tersebut. dan menurut peneliti di amerika menyatakan bahwa hal unik tersebut merupakan satu bentuk evolusi perilaku dari seekor hewan pada saat mencari makanan.

Demikian 13 Hewan unik dengan kemampuan luar biasa 2017 saya jabarkan, semoga informasi ini pengetahuan ini bermanfaat untuk anda.
×