skip to main content

kebiasaan foto selfie berbahaya untuk kesehatan dan jiwa

Ditulis Oleh Pada Saturday 2 April 2016

kebiasaan foto selfie berbahaya untuk kesehatan dan jiwa, saat sekarang ini perkembangan tehnologi dan informasi menghantarkan sebuah kebiasaan ataupun bisa dikatakan trend yang saat ini sedang naik daun. fenomena foto selfie sudah menjadi sebuah wabah yang melanda semua orang didunia sekarang ini.

Laki laki ataupun wanita, tua muda, anak anak, bahkan sampai lapisan ekonomi masyarakat sangat suka melakukan selfie. sangking polulernya selfie adalah kata kata ini diterima oleh masyarakat dunia sebagai kata resmi dalam bahasa inggris. kata selfie tercantum dalam oxford english dictionary pada tahun 2013.

Beberapa media di indonesia menciptakan sebuah istilah dalam bahasa indonesia untuk mengartikan selfie ini. istilah itu adalah swafoto, yang artinya potret diri yang diambil sendiri menggunakan kamera. selfie ini atau swafoto memang sangat diterima diberbagai semua kalangan.
Namun tahukah anda ternyata kebiasaan selfie yang berlebihan ini bisa merusak mental, foto selfie berbahaya untuk jiwa dan kesehatan jika digunakan secara berlebihan.

Bagaimana kebiasaan selfie ini bisa menjadsi populer 2 - 3 tahun belakang ini. dan kebiasaan foto narsis ini sebenarnya sudah muncul  pada tahun 1900 silam, ketika kamera box kodak brownie diciptakan. untuk metode awal selfie ini dilakukan didepan cermin. putri kekaisaran rusia anastasia nikolaevna tercatat sebagai orang pertama yang melakukan selfie.

foto selfie berbahaya
anastasia nikolaevna

Remaja ini mengirim foto narsisnya kepada teman temannya pada tahun 1914 bersama surat yang bertuliskan " saya mengambil foto ini menggunakan cermin, saya merasa sangat susah dan sampai sampai tangan saya bergetar " selain anastasia ada foto dokumentasi yang ditemukan dikerajaan kerajaan eropa, mengingat dahulu kegiatan kegiatan mengambil gambar ini memakan biaya yang sangat mahal.

Maka hanya para bangsawan saja yang bisa melakukannya. pada saat itu foto selfie belum banyak muncul dan sangat jauh berbeda seperti saat sekarang ini. berkembangnya tehnology kamera membuat pengambilan gambar dan moment menjadi sangat begitu mudah. foto selfie pun mulai banyak bertebaran diseluruh tempat didunia. awalnya foto selfie ini menandakan moment yang sangat bersejarah.

Contohnya seorang astronot yang bernama edwin buzz aldrin yang mengabadikan  foto dirinya dalam penjelajahan pesawat apolo diluar angkasa. moment ini menandakan lompatan besar yakni yang dilakukan manusia bisa menjelajahi angkasa luar selain bumi. lalu saat sekarnag muncullah internet dan jejaring social dan juga kamera yang semakin canggih yang membuat selfie sangat mudah menjalar diseluruh pelosok dunia.

Tidak hanya para remaja dan selebriti yang gemar melakukan foto selfie, akan tetapi para pejabat pemerintahan pun tidak canggung untuk melakukannya. bahkan mereka tidak malu malu mengunggahkan foto ke akun sosial mereka walaupun nantinya ada pendapat miring  tentang mereka yang muncul akan penilaian foto mereka tersebut. berikut ini kebiasaan

foto selfie berbahaya


foto selfie berbahaya
Pejabat narsis

Tanda tanda selfie menjadi gangguan jiwa


Mewabahnya selfie membuat sebagian orang sering melakukan selfie yang berlebihan, memotret diri sendiri, menjadikan ciri orang berkepribadian narsistik atau merasa dirinya lebih dari orang lain. selain itu juga bisa menjadi histerionik atau dirinya ingin menjadi pusat perhatian. dan pada saat itu selfie dilakukan diluar kendalinya untuk menjadi suatu keharusan dan tidak bisa ditunda tunda lagi.hakl ini membuat fungsi bersosialisasi orang ini terganggu.

Misalnya ketika seseorang keranjingan berselfie ria ia mulai tidak mau lagi bersosialisasi atau cenderung cuek dengan keberadaan orang lain disekitarnya. selfie dilakukan tanpa memperhitungkan waktu tempat dan situasi sehingga dapat menggangu orang orang disekitarnya.

Selain perilaku orang yang gemar berselfie yang tidak terkendali, orang yang memiliki gangguan jiwa karena selfie akan menilai dirinya lebih baik dari orang lain. ia juga menganggap dirinya penting dan harus dinomer 1 kan. dan tidak mau kalah dengan orang lain. notifikasi like atau menyukai pada sosial media menjadi fokus orang tersebut dalam berselfie. jika jumlah like atau yang menyukainya sedikit ia akan mulai mengalami stres dan berpengaruh pada situasi hatinya sepanjang hari. foto selfie berbahaya selanjutnya adalah


Macam macam gangguan jiwa karena selfie yang kini banyak muncul


foto selfie berbahaya
Kurt coleman

para psikiater menemukan sedikitnya ada 4 gangguan jiwa.
yaitu Narsis, adictive atau kecanduan, body dysmorphic disorder atau tidak nyaman dengan bentuk tubuhnya sendiri dan eksibisionis.

Berpikiran positif pada diri sendiri adalah hal baik akan tetapi jika berlebihan mencintai diri sendiri juga bisa sangat berbahaya. ada seorang remaja asal australia bernama kurt colemen, ia hampir setiap saat berselfie mengunggahkan foto dirinya dijejaring semua akun sosial media pribadinya.
Ia mengunggahkan fotonya sendiri 24 jam dalam sehari. remaja ini mengakuinya bahwa ia sangat terobsesi dengan dirinya sendiri dan ia juga ingin kalau orang lain juga terobsesi dengan dirinya. akun facebooknya memiliki 830 ribu lebih followers dan akun instagramnya memiliki 200 ribu lebih followers.

Setiap ia unggahkan fotonya dimedia sosial selalu di ikuti dengan kata kata yang selalu membanggakan dirinya sendiri. lalu media australia menobatkan kurt sebagai paris hiltonnya australia. para ahli psikologi menilai bahwa remaja ini sudah berada dalam tahap narsis yang berlebihan dan obsesinya terhadap dirnya sendiri. dan baru baru ini remaja ini terlibat perkelahian yang mengakibatkannya masuk rumah sakit.

Banyak yang mengklaim bahwa perkelahian tersebut diduga adalah karena kenarsisannya. bahkan remaja ini tidak bisa lepas dari selfienya ia pun mengunggahkan foto nya terbaring dirumah sakit lengkap dengan peralatan medis yang menempel di tubuhnya.

foto selfie berbahaya
Danny Bowmen

Secara psikologis ketika sesorang kecanduan berarti tubuh dan pikirannya menginginkan dan melakukan sesuatu agar bisa tenang. dan kebanyakan orang menderita kecanduan pada rokok, minuman beralkohol atau narkoba. akan tetapi selfie juga bisa membuat orang menjadi kecanduan. ada lagi seorang remaja bernama Danny bowmen telah mengalami hal ini. pada awalnya ia mengunggahkan foto narsisnya ke facebook pertama kali pada usia 15 tahun.

Ketika teman temannya mengomentarinya remaja ini menjadi terobsesi dan remaja ini terus mengunggahkan fotonya yang lebih terlihat sempurna. remaja ini bahkan banyak menghabiskan waktunya hanya untuk berselfie. dan kegiatnanya ini sampai menggangu aktifitasnya disekolah.
Dan sampai akhirnya pun dia dikeluarkan dari sekolahnya. dalam kejadian ini penyakitnya pun semakin bertambah parah, ketika remaja ini mengikuti casting pencarian bakat foto model dan akhirnya remaja ini pun ditolak dengan alasan tubuhnya kurang cocok untuk sebuah foto model.

Pada bulan desember 2012 remaja ini semakin parah, ia pun terus mengambil pose foto yang ia lakukan sendiri sebanyak lebih dari 200 foto dalam sehari. lebih parahnya lagi remaja ini tidak menemukan pose foto yang ia sukai. dan menurut remaja ini foto dirinya kurang sempurna. remaja ini pun semakin strees dan menelan banyak obat untuk coba mengakhiri hidup.

Beruntung aksinya ini diketahui oleh orang tua nya dan dilarikan kerumah sakit. setelah tubuhnya membaik remaja ini dibawa ke psikiater untuk menjalani konsultasi. dan remaja ini disarankan untuk menjauhi ponselnya agar ia tidak foto selfie berbahaya untuk kesehatannya lagi. alhasil remaja ini pun sembuh dari kecanduan selfienya, dan ia tidak lagi berselfie sampai sekarang.

Body Dysmorphic Disorder


foto selfie berbahaya
Triana lavey

Pada penyakit ini penderita merasa tidak puas dengan tubuhnya sendiri. adanya aplikasi edit foto yang saat ini sudah sangat banyak aplikasinya ditemui di smartphone kita. dan ini membuat para penderita penyakit selfie akan semakin terobsesi untuk menjadikan fotonya lebih terlihat sempurna lagi.

Triana lavey adalah penderita Body Dysmorphic Disorder wanita dari los angeles amerika serikat ini selalu tidak puas dan tidak percaya diri akan bentuk wajah yang dimilikinya ini. ia menilai bahwa bentuk dagunya ini sangat aneh dan tidak proposional.

Wanita ini langsung menjalani operasi plastik yang menghabiskan biaya lebih dari $15.000 dollar amerika yang sekitar kurang lebih 200 juta rupiah. wanita ini mulai mengoperasi bagian bawah mulutnya dan pipinya agar tidak terlalu berisi.

Untuk mendapatkan wajah yang sempurna wanita ini selama 2 tahun harus keluar masuk rumah sakit untuk melakukan operasi ulang. wanita ini mengaku bahwa ia terobsesi ingin memiliki bentuk wajahnya yang sama sewaktu mengedit foto diaplikasi smartphone miliknya. dan setelah melakukan beberapa kali operasi akhirnya wanita ini puas dan langsung mengunggahkan foto foto selfienya di akun pribadi jejaring sosial medianya.


Eksibionis atau kecenderungan memamerkan bentuk tubuhnya kepada orang lain


foto selfie berbahaya
foto cewek telanjang

Kelainan ini sudah sangat sering dijumpai dan ternyata kecanduan selfie juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami eksibionis. ada seorang pekerja staff wanita di parlemen negara swiss menderita penyakit eksibionis disebabkan karena kecanduan selfie. wanita ini terlalu bangga dengan kecantikkan bentuk tubuhnya sehingga ia lupa bahwa hoby foto selfie berbahaya nya yang sering bugil ini bisa mengancam pekerjaannya diparlemen di negara swiss.

Wanita ini sering berselfie tanpa pakaian setiap hari bahkan hal ini juga sering dilakukannya pada saat jam kerja. hoby gangguan jiwanya ini membuatnya diskors pekerjaannya oleh pihak parlemen. dan anehnya wanita ini merasa tidak bersalah dan sama sekali tidak menyesal akan perbuatannya ini. dan alasannya wanita ini menganggap bahwa ini adalah merupakan kehidupan pribadinya.

Inilah dampak buruk kebiasaan foto selfie berbahaya untuk kesehatan dan jiwa. bagi kita yang selalu sering berselfie. mengagumi diri sendiri dengan tidak secara berlebihan dan mengabadikannya kedalam sebuah foto untuk mengenang moment yang penting dan bukan setiap hari berfoto atau berselfie adalah hal yang wajar. sekaligus membangkitkan semangat diri sendiri.


Namun kita harus bisa membatasi jangan sampai foto foto kita tersebut akan menjadikan diri kita haus akan perhatian dari orang orang banyak dan menderita penyakit gangguan mental. lakukanlah hal yang positif sesuai pada porsinya.
×